Ingin Mulai Ngeblog? Baca Panduan Lengkap Dari Nol dan Apa Yang Harus Anda Lakukan Setelahnya

Halo sobat, baru didunia blog? ingin membuat blog? sekarang mah tidak perlu pusing lagi jika ingin membuat blog, panduan sudah banyak, tinggal sobat ketik saja di google cara membuat blog ada jutaan yang muncul, saya akan memberikan tutorial lengkap cara membuat blogger untuk pemula. Benar, disini saya merekomendasikan sobat untuk menggunakan blogger. Apa itu blogger dan fungsinya? secara singkat blogger adalah layanan publikasi blog yang diakuisisi oleh Google dan dibuat oleh Pyra Labs pada Tahun 2003 lalu, dengan subdomain blogspot.com dimana subdomain ini dapat sobat gunakan secara gratis seumur hidup, dimana blogspot.com ini di host oleh Google, sobat bisa memanfaatkan blogger untuk mempublikasikan artikel yang dibuat ke dunia maya yang dapat di baca oleh pengguna internet lainya.

Memulai Blog Panduan Pemula Lengkap Mulai Ngeblog

Baiklah kita akan masuk ke sesi pertama, perlu di perhatikan jika sobat ingin membuat blog di blogger, sobat diwajibkan untuk memiliki akun gmail. Email gmail adalah

Cara Membuat Akun Gmail

1. Silahkan sobat mengunjungi halaman pendaftaran gmail disini
2. Isi data diri dengan lengkap

Halaman Pembuatan Akun Gmail Bahasa Indonesia mendaftar email gmail

3. Klik Langkah Berikutnya dan klik Saya Setuju jika muncul pop up Privasi dan Persyaratan.
Note: Jika saat memasukkan username dan terjadi kesalahan seperti gambar dibawah ini, itu artinya anda tidak dapat menggunakan username itu, silahkan diganti dengan yang lain, atau dapat menggunakan dari rekomendasi google langsung seperti yang saya beri kotak merah.

nama pengguna gmail sudah ada yang menggunakan pesan error saat mengisi nama pengguna gmail pendaftaran

4. Jika sobat sudah mengklik Saya Setuju dan menyetujui Privacy and Terms, maka akun sobat sudah selesai dibuat.
Kita akan lanjut ke langkah pembuatan blog blogspot.

Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger

1. Buka situs blogger.com
2. Disana sobat akan disuruh untuk login, silahkan klik Masuk atau Buat Blog, biasanya akan otomatis tanpa harus mengisi email dan password lagi karena sebelumnya sobat sudah membuat akun, tapi jika disuruh login ulang, silahkan login dengan akun gmail yang sobat buat tadi.

halaman awal blog pembuatan blog

3. Setelah masuk, sobat akan melihat tampilan depan blogger seperti gambar dibawah ini, silahkan klik Buat Blog Baru.

Cara Membaut Blog Baru Blogger
Klik saja Buat Blog dan akan muncul popup halaman pembuatan blog, isi dengan nama blog dan alamat yang ingin sobat buat, sebagai contoh saya ingin membuat blog dengan nama DEMO Info4You dan alamat situs blog dengan demo-info4you,blogspot.com. Selanjutnya silahkan pilih template yang akan digunakan, pilihlah template yang kira-kira sesuai dengan konten apa nanti yang akan sobat buat. Terakhir klik Buat Blog, dan blog sobat sudah jadi.

membuat judul blog membuat alamat blog memilih template blog dan buat blog

Sekarang blog sobat sudah jadi, namun ada hal lain yang perlu diketahui setelah membuat blog, hal ini harus kita lakukan agar tidak merepotkan dikemudian hari. Lalu, apa yang harus dilakukan setelah membuat blog?

Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Blog

#1 Mengganti dan Mendesain Template Blog

Sebenarnya saat blog sobat sudah jadi, sobat dapat langsung membuat sebuah artikel, namun disini saya menyarankan sobat untuk mendesain template terlebih dahulu, dan jika sobat kurang suka dengan template yang disediakan oleh blogger, sobat dapat menggunakan template luar dan memasangnya di blogger, hal ini kita lakukan karena sangat penting untuk tidak mengganti-ganti template jika blog sudah memiliki pengunjung tetap, karena mereka akan kebingungan dengan tampilan baru nantinya, dan bukan tidak mungkin saat kita sedang mendesain namun ada link yang belum di pasang di navigasi, bakalan membuat pengunjung lari, kecuali sobat bisa memberi tahukan terlebih dahulu agar mereka mengerti apa yang sedang kita lakukan.

Silahkan cari template blog di mbah gugle, banyak penyedia template blog secara gratis atau premium jika memang ingin mendapatkan hasil maximum dari pembuatnya. Carilah template yang sesuai dengan topik yang akan sobat bahas.

Jika sobat sudah mendownload dan memiliki template yang berformat xml, silahkan ikuti langkah dibawah ini.

1. Pada dashbor blogger, silahkan dilihat bilah kiri dan klik Template , lalu pada bagian atas kanan silahkan klik Cadangkan / Pulihkan
Panduan Mengganti Template Blog Yang Berformat XML

2. Pilih Unggah file dari cari file.xml (template) yang sudah sobat download atau buat. Terakhir klik unggah.

Mengganti template blog

Untuk menu navigasi nya saya sarankan nanti saja di atur saat postingan sobat sudah ada, atau jika memang sudah ada gambaran atau rencana menu navigasi nya akan seperti apa, silahkan saja diatur langsung.

Untuk mendesain blog menjadi lebih menarik, seperti menambahkan widget sosial media, dan desain-desain dari CSS silahkan ke artikel-artikel dibawah ini.

#2 Custom Domain

custom domain saat umur blog masih baru Apa itu Custom Domain? dan apa gunanya? Custom domain adalah kita mengganti subdomain ke domain yang kita beli, contohnya kita akan mengganti info4you.blogspot.com menjadi info44ryou.blogspot.com ( .com / .net / co.id / .id / dan banyak lainya) ini dinamakan custom domain. Sebenarnya hal ini Opsional karena yang saya tau banyak juga blogger yang menggunakan blogspot.com yang memiliki trafik besar dan menduduki page 1 dari pencarian google, karena semua tergantung pada isi artikel yang akan sobat buat. Custom domain hanya jika sobat ingin blognya terlihat lebih profesional dengan menghilangkan subdomain blogspot tersebut.  Untuk meng-custom domain, sobat harus membeli domain dari penyedia domain, banyak penyedia domain sekarang ini, sobat dapat mencarinya di google pencarian dengan kata kunci Beli Domain, sobat akan menemukan banyak sekali situs yang menjual domain, silahkan sobat lihat nama situs tersebut, dan ada baiknya survey terlebih dahulu apakah layanan mereka memuaskan atau tidak, karena banyak juga yang membahas tentang layanan penyedia domain apakah mereka memuaskan atau tidak.

Jika sobat memutuskan untuk custom domain, sebaiknya lakukan sekarang saat blog sobat masih baru, karena jika sobat mengganti domain saat trafik blog sudah mentereng, bakalan sulit buat naik lagi di google pencarian, atau jika memutuskan tetap menggunakan blogspot.com tidak ada salahnya juga, karena domain itu hanyalah tampilan luar saja, yang bermanfaat itu adalah isinya.

#3 Mendaftar Situs ke Google Webmaster Tools dan Analytics

Inilah yang harus sobat lakukan pada proses ke 3, kenapa tidak dilakukan di awal saja? karena, mendaftar ke Google Search Console membutuhkan verifikasi dengan menggunakan kode yang diberikan google untuk ditempatkan di dalam template, jadi jika sobat ingin mendaftarkan situs ke Google Search Console sebelum mengganti template hal itu akan merepotkan, karena sobat harus membackup terlebih dahulu kode lama, dan menaruh ulang ke template yang baru, begitu pula dengan Custom domain, karena saat sobat mengganti domain, hal wajib yang harus sobat lakukan adalah mendaftarkan ulang domain baru tersebut ke Google search console Webmaster tools dan Google Analytics, merepotkan bukan? Jadi, lakukanlah terlebih dahulu dua hal sebelumnya, baru mendaftarkan situs ke Google Search Console jika memang mau langsung ganti template dan custom domain saat masih baru, jika mau ganti template dan custom domain beberapa minggu atau bulan kedepan, daftarkan domain blogspot.com saja terlebih dahulu tidak apa-apa.

hal penting setelah membuat blog adalah daftarkan blog ke google search console dan menautkan google webmaster tootls ke google analytics
Image from Google 

Mendaftarkan situs ke Google Webmaster Tools dan Google Analytics sangatlah penting, agar blog kita dapat diindeks google dengan baik, dan juga kita dapat memantau lalu lintas dari pengunjung, "bagaimana pengunjung menemukan situs kita" "menggunakan kata kunci apa" pertanyaan itu akan terjawab oleh Google Analytics, karena informasi-informasi seperti itu dapat kita lihat disana. Sebab itu, kita perlu untuk mendaftarkan situs ke Google Search Console Webmaster Tools dan Google Analytics. Untuk lebih jelasnya dan tata cara mendaftarkan blog ke webmaster sobat dapat membaca artikel saya lainya.
Cara Mendaftarkan Situs Ke Google Webmaster Tools dan Google Analytics
Disana sudah lengkap saya jelaskan pengertian dan cara mendaftarkan blog ke google webmaster tools, membuat akun google analytics serta menautkanya ke google webmaster. Silahkan dibaca-baca.

#4 Menambahkan Widget Penting

Sobat harus menambahkan widget-widget penting untuk mempermudah pengunjung nantinya menemukan artikel-artikel pada blog kita, widget tidak perlu yang heboh-heboh, yang penting-penting saja, dan inilah yang menurut saya widget yang wajib ada pada blog:

  • Widget Label
  • Widget Postingan Terbaru
  • Widget Arsip Blog
  • Widget Pencarian jika template sobat belum memiliki search box
  • Widget Langganan Lewat Email ini akan membantu pengunjung mendapatkan info update terbaru yang akan langsung dikirim ke email mereka, jika mereka berlangganan ke feedburner kita.
  • Silahkan Baca: Cara Membuat URL FeedBurner Blog
  • Widget Profil widget ini membantu pengunjung mengetahui profil anda yang ada di Google+, jika blog yang sobat kelola adalah web atau blog personal, ada baiknya menambahkan widget profil.
Sepertinya hanya itu saja widget yang wajib ada pada blog untuk membantu pengunjung kita.

#5 Membuat Laman Penting

Jika sobat memang serius ingin mengelola suatu web atau blog, ada beberapa Laman yang Wajib untuk sobat buat.

  • Laman Tentang (about / about us)
    Halaman yang satu ini sangat penting untuk dibuat, sobat dapat menjelaskan kepada pengunjung inti dari topik apa yang ada didalam web atau blog anda, beritahukan kepada mereka semua topik tanpa ada yang terlewat.
  • Laman Kontak (contact / contact me / contact us)
    Layani pengunjung dengan memberikan informasi kontak berupa email, ataupun sosial media yang dapat di hubungi, jika web atau blog sobat adalah tentang penjualan maka berikan juga informasi nomor handphone, itu akan sangat membantu pengunjung dan pelanggan.
  • Laman Kebijakan Privasi (Privacy Policy)
    Sudah banyak kita jumpai di situs-situs pasti memiliki Laman Kebijakan Privasi, khususnya jika situs tersebut ingin memasang iklan web atau blog nya, laman kebijakan privasi juga sangat penting untuk dibuat. Jelaskan kepada pengunjung tentang data apa saja yang kita simpan, dan akan dipergunakan untuk apa data atau informasi yang kita dapatkan dari pengunjung tersebut, seperti IP (Internet Protocol) Address, log files, dan-lain-lain.
  • Laman Disclaimer
    Untuk menghindari tuntutan dari pengunjung, halaman ini wajib sobat buat, tegaskan kepada pengunjung bahwa anda tidak akan bertanggung jawab dengan apa yang akan terjadi kepada pengunjung dalam penggunaan isi konten tersebut. Untuk lebih jelasnya
    Silahkan Baca: Bagaimana Cara Membuat Laman Kebijakan Privasi (Privacy Policy) dan Disclaimer

#6 Rajin Update Postingan

Update artikel setiap hari itu sangat penting, dengan update artikel setiap hari, pengunjung akan terus berdatangan, Setidaknya dua artikel sehari, jika memang tidak terkejar, minimal lah 1 artikel sehari. Memang, untuk membuat postingan yang berkualitas itu tidaklah sebentar, saya pribadi hanya cukup untuk membuat 1 artikel sehari, karena keterbatasan waktu didunia nyata jadi kadang sulit buat berburu referensi.

Mengapa penting untuk melakukan update artikel setiap hari? karena google pencarian akan lebih menaruh perhatian ke situs yang aktif. Ibarat bos sebuah perusahaan, jika sobat rajin setiap hari, bukan tidak mungkin jabatan akan naik, begitu juga dengan google, semakin sering kita update artikel, google akan lebih fokus juga pada situs kita, dan bukan tidak mungkin artikel kita akan banyak berada di page 1. Hal lainya semakin banyak artikel di blog, semakin besar pengunjung yang datang karena yang kita bahas ada banyak. Ini hanya pemikiran liar saya saja lho ya, jika salah mohon bimbinganya dan diluruskan.

#7 Tolong Bantu Saya Mengisinya emoji cry emoticon cry crying emoji

Untuk saat ini, saya hanya tau #6 itu saja, jika sobat ada masukkan untuk #7 mohon tulis dikomentar.

Selesai juga artikel kita kali ini, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat buat sobat yang membutuhkan. Sampai jumpa di artikel lainya.

Info4You Info4You Update Pada:
Jika Artikel Ini Bermanfaat, Maka Luangkan Waktumu 30 Detik Saja Untuk Membagikanya

Berlangganan via Email Gratis:

*Setelah submit email, Silahkan periksa email konfirmasi pada pesan utama email. Jika tidak ada, periksa folder spam*

Delivered by FeedBurner

Jadilah Yang Pertama Berkomentar! dan Dapatkan Gelas Antik Dari Tetanggamu!

Post a Comment

*Berkomentarlah jika ada yang ingin ditanyakan
*Bagikan jika memang bermanfaat
*Link aktif tidak akan dipublish
*Kata-kata SARA dan Tidak Senonoh tidak akan dipublish

Contact Form

Name

Email *

Message *

  • Terbaru Dari Tips Blog

  • Tutorial Desain Blog Terbaru

back to top