Postingan Blog Tidak Di Index Google? Lakukan Hal ini

Artikel tidak muncul dipencarian Google. Bagi blogger pemula seperti yang pernah saya alami dulu, sangatlah membingungkan mengapa artikel tidak langsung muncul di index Google setelah mempublikasikan artikel. Google tidak dapat langsung mengindex sebuah artikel baru, untuk memunculkan artikel di pencarian Google dibutuhkan waktu yang sangat lama. Hal inilah yang saya alami dulu saat baru memulai blog, bahkan sampai satu minggu, artikel belum terindex oleh Google.

Mengatasi Artikel Yang Tidak Muncul Di Google Pencarian Google Search belum mengindeks artikel blog

Setelah melakukan berbagai perjalanan di mbah Google, saya mendapatkan cara untuk mengatasi masalah artikel tidak di index oleh Google atau sangat lama untuk di index Google.

1. Mengirimkan URL ke Google

Cara pertama ini hanya mengirimkan Url postingan ke Google, agar Google dapat langsung melakukan Index kepada Artikel tersebut, yang harus sobat lakukan adalah

Pergi ke Webmaster Tools Submit Url
Sobat akan melihat halaman seperti gambar dibawah ini, silahkan masukkan Url lengkap postingan yang sudah sobat publikasikan.
Contoh : http://www.situsblog.com/2017/02/nama-artikel.html
Selanjutnya, verifikasi Captcha dan klik Kirim Permintaan.

cara artikel di index google cara mudah agar artikel cepat di index google submit url ke google search webmaster tools

Tunggulah beberapa menit dan coba periksa di Google pencarian dengan memasukkan Url lengkap postingan tersebut, jika sudah terindex maka akan muncul artikelnya.

2. Mendaftarkan Situs Ke Google Search Console

Cara yang kedua ini sebenarnya adalah hal wajib dilakukan oleh pengelola sebuah situs, fungsi Google Search Console/Webmaster Tools ini sendiri bukan hanya sekedar agar postingan cepat di index Google, tapi juga dapat memantau sebuah situs, dan mengetahui bagaimana cara Google merayapi sebuah situs, sobat juga dapat mengetahui apakah ada sebuah kesalahan perayapan, atau Url yang sudah tidak aktif lagi yang kita pasang di sebuah postingan.

agar postingan cepat di index google daftarkan ke google search console atau google webmaster tools

Awal mula saya memulai blog, saya memiliki dua situs abal-abal yang sekarang tidak terurus lagi namun tetap aktif, saya belum mengenal yang namanya Google search console, dan alhasil artikel-artikel yang saya publikasikan baru terindex beberapa minggu kemudian, sangat miris bukan, sedangkan kita harus berlomba-lomba untuk menduduki page one dengan saingan lain, itulah sebabnya penting untuk mengirim permintaan index ke google langsung setelah publikasi artikel.

Untuk cara mendaftar Google Search Console, silahkan sobat ke artikel saya tentang
Cara Mendaftar Google Webmaster dan Google Analytics
Disana sudah lengkap saya jelaskan tentang Google search console dan Google analytics, dan bagaimana cara submit Url, Sitemap serta menautkan Akun Google analytics ke Google Search Console.

#Tambahan - Masalah Postingan Blog Tidak Terindex Google Walau Sudah Submit Url Di Google Search Console.

Kemarin saya terkejut setelah mencoba-coba memeriksa semua Url artikel di pencarian Google, ada dua artikel saya yang tidak muncul di pencarian Google, padahal sudah beberapa minggu yang lalu saya buat, saya pun bingung mengapa hal tersebut bisa terjadi, padahal sudah submit Url di Google Webmaster Tools "Ambil sebagai Google". Saya memang tidak pernah memeriksa artikel apakah sudah terindex atau belum setelah submit, jadi saya tidak tau artikel tersebut memang tidak di index atau hilang dari SERP.

Namun, Alhamdulillah sekarang sudah terindeks, jika sobat mengalami hal ini juga, caranya sangatlah mudah.

Sobat hanya perlu submit ulang Url artikel tersebut dari halaman webmaster tools (Cara pertama yang kita bahas tadi), saya tidak tau apakah jika submit ulang Url dari "Ambil sebagai Google" di akun Google Search Console bisa menyelesaikan masalahnya atau tidak, karena saya hanya mencoba-coba saja submit Url dari halaman cara pertama tersebut dan beberapa menit kemudian dapat terindeks di Google.

Untuk kali ini hanya itu yang dapat saya bagikan, semoga dapat bermanfaat dan membantu masalah sobat sekalian. Sampai jumpa.


Info4You Info4You Update Pada:
Jika Artikel Ini Bermanfaat, Maka Luangkan Waktumu 30 Detik Saja Untuk Membagikanya

Berlangganan via Email Gratis:

*Setelah submit email, Silahkan periksa email konfirmasi pada pesan utama email. Jika tidak ada, periksa folder spam*

Delivered by FeedBurner

3 komentar untuk saat ini, berikan tanggapanmu juga

*Berkomentarlah jika ada yang ingin ditanyakan
*Bagikan jika memang bermanfaat
*Link aktif tidak akan dipublish
*Kata-kata SARA dan Tidak Senonoh tidak akan dipublish

Contact Form

Name

Email *

Message *

  • Terbaru Dari Tips Blog

  • Tutorial Desain Blog Terbaru

back to top