Mendaftar Adsense Melalui Youtube Terbaru Panduan Pemula Lengkap

Adsense adalah Program periklanan yang dapat menghasilkan uang bagi siapa saja yang tergabung sebagai mitra mereka, baik itu periklanan yang akan ditampilkan pada website atau video streaming di youtube. Untuk mendaftar adsense melalui youtube sangatlah mudah dan dengan proses yang cepat. Pertama Anda membutuhkan akun gmail untuk dapat mengunggah video di youtube. Lalu bagaimana cara mendaftarkan akun youtube kita ke adsense?

Jika Anda sudah memiliki akun gmail, yang perlu Anda lakukan adalah membuat video dan mengunggahnya ke youtube. perlu diperhatikan, untuk tergabung dan menampilkan iklan pada streaming video Anda di youtube, konten yang Anda buat haruslah pantas, lalu seperti apa konten video yang dapat diterima youtube?

Berikut adalah konten-konten yang perlu Anda perhatikan dalam pembuatan video agar video yang Anda unggah dapat di monetisasi. Apa itu monetisasi? Monetisasi atau monetization adalah suatu proses konversi yang tidak mempunyai nilai menjadi sesuatu yang mempunyai nilai jual. Karena kita membahas tentang youtube, saya beri gambaran sedikit, di video youtube yang Anda unggah tersebut dapat diaktifkan monetization, dengan mengaktifkan monetization Anda dapat menampilkan iklan dari adsense di video dan menghasilkan uang dari video yang telah diaktifkan, tentu saja Anda juga harus mendaftarkan akun youtube ke adsense agar menjadi mitra host youtube dan menerima pembayaran dari adsense.

Berikut adalah kriteria monetisasi video

1. Buatlah video yang tidak mengandung unsur p*rnografi atau s*ksual.
2. Konten yang Anda buat tidak berisi kekerasan.
3. Saat Anda membuat video, jangan menggunakan bahasa yang tidak senonoh, jika sudah terlanjur didalam video Anda terdapat bahasa yang vulgar atau pelecehan, sebaiknya di edit terlebih dahulu lalu di potong bagian tersebut, atau di sensor bagian mulut dan audio/suara.
4. Jangan membuat video yang berisi tentang promosi, seperti obat-obatan terlarang dan zat-zat kimia yang diawasi, termasuk penjualan, dan penyalahgunaan barang-barang tersebut.
5. Walaupun tidak menampilan gambar kekerasan yang mencolok, jangan sekali-kali membuat video yang berisikan acara yang kontroversial, termasuk subjek yang berkaitan dengan perang, konflik politik, bencana alam dan tragedi.

Perhatikanlah hal-hal diatas saat pembuatan video untuk di unggah ke youtube dan di monetisasi.
Sebelum kita lanjut, perlu di ketahui disini saya menggunakan halaman youtube berbahasa indonesia, jadi bagi Anda yang masih berbahasa selain Indonesia silahkan ganti terlebih dahulu, agar Anda dapat mengikuti cara ini dengan nyaman.
Untuk mengganti ke bahasa Indonesia, silahkan buka youtube, scroll paling bawah, Anda akan menemukan settingan bahasa. Perlu diperhatikan lagi, video yang akan Anda unggah jangan diberi backsound atau lagu yang ber hak cipta, jika ingin membuat vidoe lebih menarik dengan musik, carilah musik yang tidak ada hak cipta nya.

Cara Membuat Akun Adsense Youtube

Disini saya menganggap Anda telah membuat akun gmail dan memiliki video dengan kriteria yang telah ditetapkan youtube agar dapat di monetisasi. Unggahlah video yang telah Anda buat, sebelum mendaftarkan diri untuk menjadi mitra youtube di google adsense, saya sarankan bagi akun youtube baru untuk mengupload dua video dan di monetisasi. lalu bagaimana cara mengunggah video dan memonetisasi video yang telah Anda unggah?

Cara upload video di youtube

1. Buka youtube.com dan silahkan login.
2. Setelah login, Anda klik Upload pada bagian atas kanan.

klik tombol upload di youtube

jika ini adalah pertama kali anda membuat akun youtube, maka akan muncul bilah pembuatan channel, silahkan Anda lanjutkan saja dengan mengklik "BUAT CHANNEL".


Langkah pembuatan Channel youtube

3. Pada halaman upload, silahkan Anda klik "Pilih file untuk di upload" dan browse video di komputer Anda, atau bisa juga dengan membuka folder tempat video Anda berada, dan seret ke halaman upload youtube tadi, Anda dapat mengupload banyak video sekaligus atau satu per satu, karena jaringan saya tidak cepat alias lelet, jadi disini saya contohkan dengan mengupload 1 video saja, lihat gambar dibawah.

upload video youtube pada halaman upload

4. Saat proses upload selesai, Anda dapat mengganti judul video yang akan ditampilkan nanti (lihat gambar dibawah saya kotakin kuning), tambahkan juga deskripsi (lihat gambar, kotak biru) yang menarik dari konten video Anda agar pengguna lain dapat tertarik untuk menontonya. Anda juga dapat mengganti thumbnail atau tampilan video (lihat gambar, kotak hitam dan orange) dengan yang lebih menarik tapi tetap sesuai konten. Jika Anda ingin membagikan video tersebut ke G+ dan Twitter (lihat gambar, kotak hijau) Anda hanya perlu mencentang kedua fitur tersebut. Terakhir adalah mempublis nya, klik tombol "Publikasikan" (lihat gambar, kotak merah).
menentukan judul, deskripsi dan lain-lain untuk video yang telah diunggah

Lakukan hal yang sama untuk video lainya.

Setelah video berhasil di upload dan di publikasikan, mari kita verifikasi akun youtube dan mengaktifkan monetisasi video di akun youtube.

Cara Verifikasi akun youtube

1. Yang pertama kita butuhkan adalah nomor handphone, siapkan handphone Anda dengan nomor yang aktif. Jika sudah, klik gambar profil pada pojok kanan atas, lalu klik "Creator Studio".

Untuk memverifikasi akun youtube

2. Maka, Anda akan di alihkan ke Dasbor dari creator studio, pada bilah kiri ada "CHANNEL" silahkan Anda klik, pada Status dan fitur pada CHANNEL tersebut, Anda akan melihat status akun anda belum di verifikasi, klik tombol "Verifikasi" tersebut.

Pilih Channel dan klik verifikasi

3. Ada dua langkah dalam verifikasi akun youtube ini, pertama silahkan Anda pilih Negara, dan dibawah nya, disini saya mencontohkan menggunakan verifikasi via sms, jadi silahkan ikuti jika mau dengan memilih "Kirimi saya SMS berisi pesan verifikasi" lalu masukkan nomor handphone Anda, dan klik "Kirim", atau jika Anda lebih suka untuk di telepon, silahkan pilih yang atasnya.

untuk mendapatkan kode verifikasi akun youtube

4. Langkah kedua verifikasi adalah dengan memasukkan 6 digit kode yang telah di kirim melalui SMS pada nomor handphone yang Anda masukkan sebelumnya (dilangkah pertama), klik "Kirim" untuk mengakhirinya.

isi kode verifikasi youtube yang sudah dikirim melalui sms

Sekarang, akun youtube kita sudah terverifikasi, dan klik lanjutkan untuk kembali ke creator studio. 

verifikasi akun youtube berhasil

Cara mengaktifkan monetisasi akun youtube

1. Dapat Anda lihat pada pada CHANNEL di creator studio bahwa akun sudah terverifikasi. pada bagian bawah ada "Monetisasi" silahkan Anda klik Aktifkan.

Kembali ke Channel pada Creator Studio lalu klik aktifkan monetisasi

2. Setelah itu Anda akan dipindahkan kehalaman Monetisasi, pada Status Akun, klik "Mulai" lalu akan muncul Youtube partner program terms, pada bagian bawah, silahkan Anda checklist semua nya, dan klik "Saya Setuju".

Memulai pengaktifan monetisasi akun youtube
ketentuan-ketentuan program mitra youtube

Untuk melanjutkan, Anda perlu untuk menyiapkan atau membuat akun Adsense yang nantinya akan terhubung dengan situs channel youtube Anda, silahkan klik "Siapkan Akun Adsense"

dibutuhkan akun adsense untuk mengaktifkan monetisasi

3. Anda akan dialihkan kehalaman pendaftaran Google Adsense, Tahap 1 silahkan Anda klik "Masuk" maka akan otomatis login ke akun gmail dan youtube.

Masuk terlebih dahulu untuk mendaftarkan adsense

4. Tahap 2, Situs Web akan otomatis sudah terisi dengan situs channel Anda, untuk Bahasa konten silahkan Anda sesuaikan dengan bahasa apa yang Anda gunakan di konten Anda.

Masukkan alamat channel youtube saat mendaftarkan adsense

5. Tahap ke 3 adalah mengisi informasi-informasi yang dibutuhkan, silahkan isi data Anda dengan sebenar-benarnya. Negara, zona waktu, Jenis Rekening, Nama, Alamat, Nomor handphone aktif, perhatikan, alamat juga harus lengkap beserta nomor rumah, karena nanti akan dibutuhkan untuk adsense mengirimkan PIN kalian ke rumah langsung. PIN ini yang nantinya akan digunakan untuk konfirmasi sebelum uang penghasilan Anda dikirim, jika PIN tidak sampai kerumah, maka akan meyulitkan Anda untuk proses konfirmasi pengiriman uang dari google adsense.
untuk bagian "Preferensi Email Adsense" bisa Anda pilih sesuai selera, saya sarankan semua nya dipilih "Ya", lalu klik "Kirim Permohonan Saya".

mengisi data diri dengan sebenar-benarnya saat mendaftar akun adsense

6. Sebelum permohonan dikirim, akan muncul Pop Up Persyaratan dan Ketentuan Adsense, silahkan Anda baca-baca dulu karena itu juga penting, jika sudah centang pada "Ya, saya telah membaca dan menyetujui perjanjian" lalu terakhir klik "Setuju".

Hal penting yang perlu diketahui sebelum mendaftar adsense

Sekarang permohonan Anda telah terkirim, dan sedang di review, silahkan sering-sering cek email, biasanya tidak lebih dari satu hari, tapi tidak tau untuk sekarang apakah lebih lama untuk mendapatkan email persetujuan tersebut.

Walau email persetujuan belum datang, biasanya sudah bisa menampilkan iklan di video Anda, coba cek youtube Anda, ke bagian "Pengelola Video". Jika bingung menemukannya, silahkan buka "Creator Studio" seperti yang sudah kita bahas di atas tadi, sebelah kiri pada creator studio, klik Pengelola Video. disana Anda akan melihat semua Video yang sudah Anda upload.

untuk membuka halaman manager video bisa melalui Creator Studio

Perhatikan gambar diatas, jika simbol $ nya masih berwarna hitam, berarti video tersebut belum di monetisasi, silahkan Anda klik tanda tersebut untuk mengedit dan mengaktifkanya. Tapi, disini saya akan menggunakan cara tercepat jika banyak video Anda yang belum di monetisasi, silahkan Anda tandai/checklist video yang belum di monetisasi tersebut, jika sudah silahkan pilih "Tindakan" - "Tindakan lainya" - "Monetisasi". Lihat pada gambar di bawah ini.

Monetisasikan video youtube yang telah diunggah

Jika muncul popup, silahkan checklist "Saya mengerti bahwa......" lalu klik "Ya, kirimkan". Anda juga bisa menempatkan banyak iklan di video, tapi semakin banyak iklan semakin sedikit yang akan berlangganan ke akun Anda karena hal tersebut bisa mengganggu, saya sarankan maximum Anda letakkan empat iklan saja. Untuk menempatkan banyak iklan di video youtube, pada Pengolahan Video silahkan klik "Edit" berada di bawah judl video tersebut, untuk yang satu ini saya rasa tidak perlu saya jelaskan lebih jauh, karena cara nya bisa Anda coba-coba sendiri di bagian Edit tersebut. 

klik setuju jika ingin memonetisasi video youtube

Sekarang semua proses sudah Anda lakukan, jika Anda juga sudah mendapatkan email persetujuan dari google adsense yang isinya kira-kira seperti gambar dibawah ini.

Contoh email yang dikirimkan adsense jika diterima

Jika sudah mendapatkan email seperti itu, silahkan Anda Sign In ke Adsense dan mengecek Settingan Profil Anda apakah sudah sesuai dengan KTP, dan juga Settingan Payments nya ingin dikirim melalui apa uang yang akan dikirim nantinya.

Sepertinya cukup sekian yang dapat saya sampaikan pada postingan kali ini, mengenai cara mendaftar ke adsense melalui youtube, jangan lupa untuk terus mengupload video yang menarik dan original ya agar penghasilanya terus meningkat. Semoga tidak ada yang terlewatkan, maaf kalau berantakan, postingan blog lama yang saya ekspor kesini, jadi nggak di edit-edit lagi, jika Sobat ada masukkan, kritikan, atau ada pertanyaan silahkan berkomentar sesuai ketentuan.

Info4You Info4You Update Pada:
Jika Artikel Ini Bermanfaat, Maka Luangkan Waktumu 30 Detik Saja Untuk Membagikanya

Berlangganan via Email Gratis:

*Setelah submit email, Silahkan periksa email konfirmasi pada pesan utama email. Jika tidak ada, periksa folder spam*

Delivered by FeedBurner

2 komentar untuk saat ini, berikan tanggapanmu juga

*Berkomentarlah jika ada yang ingin ditanyakan
*Bagikan jika memang bermanfaat
*Link aktif tidak akan dipublish
*Kata-kata SARA dan Tidak Senonoh tidak akan dipublish

Contact Form

Name

Email *

Message *

  • Terbaru Dari Tips Blog

  • Tutorial Desain Blog Terbaru

back to top