Cara Membuat Privacy Policy dan Disclaimer Untuk Blog

Membuat halaman privacy policy dan disclaimer merupakan syarat tidak tertulis tidak langsung jika sobat ingin mendaftarkan blog atau web nya ke sebuah layanan iklan, contohnya halaman privacy policy, sobat harus menjelaskan jika layanan iklan tersebut menggunakan cookie dan dapat mengumpulkan informasi dari pengunjung sobat. Sebelum kita masuk ke pembahasan bagaimana cara membuat Privacy Policy dan Disclaimer, ada baiknya mengenal dulu apa itu privacy policy dan disclaimer.

Privacy Policy adalah sesuatu penting yang harus ada pada sebuah blog atau website, Google juga mensyaratkan halaman ini penting bagi sebuah blog atau web jika memang serius untuk mengelolanya, penjelesanan didalam privacy policy berupa penjelasan sobat tentang informasi apa yang sobat kumpulkan dari pengunjung dan bagaimana sobat mengelola data yang didapat dari pengunjung tersebut seperti IP (Internet Protocol) address, data log, dan lain-lain.

Disclaimer adalah sebuah penolakan yang umumnya dengan tujuan pertahanan dari klaim atau kewajiban yang tidak diinginkan. Sebagai contoh umum sebuah tempat parkir mall mungkin tidak akan bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan barang pribadi yang tertinggal di tempat parkir, ini adalah contoh disclaimer umum yang dapat saya gambarkan. Jadi, Disclaimer pada sebuah blog atau web adalah menjelaskan tentang penolakan atau pelepasan tanggung jawab dari konten yang sobat buat, buatlah pernyataan peringatan kepada pengunjung bahwa kerugian yang mereka alami pada sebuah artikel yang terdapat pada blog sobat adalah tanggung jawab masing-masing.

Untuk contoh privacy policy dan disclaimer dapat sobat lihat pada blog saya ini, dari navigasi menu paling atas, atau di footer (paling bawah)

Jika sobat ingin membuat halaman Privacy Policy dan Disclaimer sendiri, dengan kata-kata yang sesuai dengan situs sobat itu akan lebih baik. banyak juga layanan yang menyediakan cara instan membuat privacy policy dan disclaimer, dan hasil nya juga tidak terlalu buruk karena sudah mengikuti kata yang baku.

Cara Instan Membuat Halaman Privacy Policy Dan Disclaimer

#1 Cara membuat halaman Privacy Policy (Kebijakan Privasi)

Disini saya akan menjelaskan cara pembuatan dari layanan online yang juga saya gunakan pada blog ini.
1. Silahkan sobat kunjungi halaman Privacy Policy Online
2. Scroll sedikit kebawah dan sobat akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini.

Privacy Policy Online Membuat Halaman Kebijakan Privasi Online

Keterangan Gambar:
  • Isi kolom pertama dengan Nama Blog sobat.
  • Kolom kedua diisi dengan Url utama situs
  • Kolom ketiga isi dengan Url yang akan mengarah ke halaman kontak
  • Silahkan Baca Juga: Cara Membuat Halaman Contact Dengan Widget Contact Form Bawaan Blogger
  • Kolom keempat silahkan isi dengan alamat email masing-masing
  • Pada email encryption silahkan dipilih apakah email tersebut mau di enskripsi atau tidak
  • Apakah situs sobat menggunakan cookies, silahkan pilih salah satu.
  • Pada bagian ini, silahkan di checklist nama layanan iklan yang ada di dalam situs sobat, atau layanan iklan yang nantinya akan sobat pasang di situs, contoh nya Google Adsense.
  • Terakhir klik Generate HTML untuk mendapatkan hasilnya.
3 Setelah Generate HTML sobat akan mendapatkan kode HTML pada halaman yang terbuka, silahkan Copy semua dan paste ke Laman baru untuk blog pada mode HTML bukan Compose.


4 Privacy Policy tersebut masih berbahasa inggris, sebenarnya itu sudah cukup, namun jika sobat ingin mengubahnya menjadi Bahasa Indonesia untuk lebih menyesuaikan dengan web atau blog sobat yang dengan konten Bahasa Indonesia, silahkan diterjemahkan.

#2 Cara Membuat Halaman Disclaimer

1. Masih dengan generator yang sama dengan sebelumnya, silahkan sobat klik "Disclaimer Generator" pada situs privacypolicyonline.com sebelumnya. Lihat gambar dibawah ini

Membuat halaman disclaimer online disclaimer generator easy to make disclaimer cara mudah membuat disclaimer

2. Pada halaman Disclaimer Generator, data-data yang dibutuhkan tidak jauh berbeda dengan privacy policy sebelumnya, silahkan isi dengan data situs sobat.

Disclaimer Online Generator

3. Selanjutnya silahkan ikuti cara pada cara pembuatan Privacy Policy yang tadi sudah kita bahas.

Pada situs ini, sobat tidak hanya bisa membuat privacy policy dan disclaimer saja, namun juga dapat membuat Terms of Service (TOS), silahkan dibuat jika memang diperlukan bagi situs sobat, caranya sama dengan dua diatas.

Selesai sudah pembahasan kita kali ini, semoga dapat bermanfaat apa yang saya bagikan ini.

Info4You Info4You Update Pada:
Jika Artikel Ini Bermanfaat, Maka Luangkan Waktumu 30 Detik Saja Untuk Membagikanya

Berlangganan via Email Gratis:

*Setelah submit email, Silahkan periksa email konfirmasi pada pesan utama email. Jika tidak ada, periksa folder spam*

Delivered by FeedBurner

5 komentar untuk saat ini, berikan tanggapanmu juga

*Berkomentarlah jika ada yang ingin ditanyakan
*Bagikan jika memang bermanfaat
*Link aktif tidak akan dipublish
*Kata-kata SARA dan Tidak Senonoh tidak akan dipublish

Contact Form

Name

Email *

Message *

  • Terbaru Dari Tips Blog

  • Tutorial Desain Blog Terbaru

back to top