Menampilkan Widget Hanya Pada Artikel Dengan Spesifik Label Tertentu

Kemarin-kemain kita sudah membahas tentang tag conditional, ada satu yang bingung, ternyata kita tidak bisa menggunakan tag conditional untuk menampilkan Widget hanya pada postingan dengan label tertentu. Misalnya saya ingin menampilkan Widget hanya pada postingan yang berlabel "Review Film" seperti yang saya terapkan pada blog lain yang saya kelola di allforyall.top. Disana saya ingin menampilkan daftar isi yang dapat langsung mengarah pada setiap sub judul didalam artikel tersebut, namun sialnya widget tersebut tampil semua di postingan yang berbeda sub judul di dalam postinganya.

Widget Yang Hanya Tampil Pada Postingan Dengan Label Review Film Di allforyall.top
Banyak cara yang telah saya gunakan, karena ilmu saya juga sedikit, saya mencoba-coba lah menggunakan tag conditional seperti <b:if cond='data:label.name == "Review Film"'> hal tersebut sama sekali tidak bekerja, saya mencoba lagi dengan tag cond lain, dengan menempatkan label Review Film di akhir dan mencoba dengan <b:if cond='data:label.isLast == "true"'> hasilnya tetap sama saja. Saya pun mencoba mencari pencerahan di mbah gugle, dan banyak menemukan forum-forum yang juga membahas ini, ternyata memang tidak mungkin untuk melakukan hal tersebut. Jika ingin melakukan hal tersebut, kita bisa menggunakan JavaScript, akhirnya saya pun mendapatkan pencerahan sedikit.

Namun sayang, sudah saya cari-cari kode JavaScript tersebut hingga sekarang tidak pernah ketemu. Mau buat sendiri pun tidak mengerti caranya, akhirnya saya menggunakan cara manual, caranya cukup sederhana, kita hanya perlu untuk menyembunyikan widget tersebut dari blog, lalu memanggilnya kembali di postingan yang kita tentukan.

Disini kita akan menyembunyikan terlebih dahulu Widget tersebut.
1. Silahkan masuk ke Dashbor Blogger.
2. Masuk ke Tempalte -> EditHTML.

Cara mengedit template blogger edit html dari blogger

3. Disini saya menganggap sobat sudah mengetahui ID dari widget yang ingin di tampilkan di postingan dengan label tertentu. Sebagai contoh Widget yang saya buat memiliki ID HTML1.
4. Silahkan sobat cari ]]></b:skin> dan kita akan membuat kode CSS sebelum ]]></b:skin>.
#HTML1 {display: none;}
Menyembunyikan Widget di Blogger didalam b:skin

Dengan kode diatas, Widget dengan ID HTML1 tidak akan pernah tampil di blog sobat.

5. Selanjutnya kita hanya perlu memanggilnya di setiap  postingan dengan label yang sobat tentukan sendiri. Saat sobat membuat postingan baru, silahkan masuk ke mode HTML, dan buat kode CSS untuk memanggil widget yang kita sembunyikan tadi. dapat dilihat di bawah ini.
<style>
#HTML1 {display: block;}
</style>
Menampilkan kembali Widget yang telah di sembunyikan

Sangat mudah bukan? dengan ini, saya sama sekali tidak membutuhkan JavaScript atau tetekbengek lainya. Walaupun hal ini cukup merepotkan karena kita harus membuat ulang kode diatas saat ingin menampilkanya pada postingan dengan label yang saya inginkan.

Namun sobat tidak perlu khawatir, kita dapat menggunakan fitur dari blogger agar tidak kerepotan.

Cara menampilkan teks, kode, url, tanda tangan otomatis saat membuat artikel baru.

1. Masuk ke Blogger
2. Klik Setelan lalu Pos, komentar, dan berbagi
3. Pada bilah kanan, silahkan klik Tambahkan pada Template Entry.
4. Kode yang kita buat didalam postingan dapat kita baut disini, agar tidak perlu repot-repot lagi membuatnya saat kita membuat artikel baru.


5. Terakhir klik Simpan Setelan

Sekarang kode tersebut akan selalu ada saat sobat membuat entri baru. Sobat hanya perlu menghapusnya dari mode HTML jika tidak ingin menampilkanya di postingan yang tidak di inginkan.

Satu hal lagi, sobat bebas meletakkan kode tersebut di awal, di tengah atau di akhir postingan, karena hasilnya akan sama saja.

Sekian Artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat. Sampai jumpa.

Info4You Info4You Update Pada:
Jika Artikel Ini Bermanfaat, Maka Luangkan Waktumu 30 Detik Saja Untuk Membagikanya

Berlangganan via Email Gratis:

*Setelah submit email, Silahkan periksa email konfirmasi pada pesan utama email. Jika tidak ada, periksa folder spam*

Delivered by FeedBurner

1 komentar untuk saat ini, berikan tanggapanmu juga

*Berkomentarlah jika ada yang ingin ditanyakan
*Bagikan jika memang bermanfaat
*Link aktif tidak akan dipublish
*Kata-kata SARA dan Tidak Senonoh tidak akan dipublish

Contact Form

Name

Email *

Message *

  • Terbaru Dari Tips Blog

  • Tutorial Desain Blog Terbaru

back to top