Skripsi itu Sulit? Baca Ini Dulu Kalau Punya Pemikiran Seperti Itu

Skripsi? Selamat dan Semangat ya, membuat skripsi adalah syarat wajib bagi para mahasiswa semester akhir yang ingin menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi. Kata Tugas akhir atau Skripsi terdengar mengerikan di beberapa mahasiswa yang sudah mendekati dan/ semester akhir. Saya pribadi juga pernah mengalami perasaan tersebut. Disini saya ingin membagikan kepada sobat sekalian pengalaman saya dalam mengerjakan skripsi. Bukan maksud saya menggurui sobat sekalian, saya hanya ingin membagikan pengalaman pribadi saja yang diharapkan dapat berguna buat para sobat yang sedang tugas akhir atau skripsi, seperti cara menghadapi dosen pembimbing yang sibuk, dan lain-lain. Saya harap tips-tips nanti dapat berguna juga untuk sobat yang sedang mengerjakan tugas akhir akuntansi atau tugas akhir manajemen informatika juga.
kian belajar nyusun skripsi skripsi itu mudah skripsi itu menyenangkan ketahui hal yang dapat merubah pikiranmu tentang skripsi itu sulit
Mengerjakan skripsi memang sulit jika sobat tidak mengetahui beberapa hal yang harus dilakukan, pengalaman saya dulu kesulitan menentukan judul skripsi, kesulitan menghadapi dosen pembimbing, revisi terus menerus, nunggu dosen pembimbing skripsi dari pagi hingga sore, dan banyak lagi kesulitan yang bisa anda hadapi nantinya. Sebab itu, saya membuat postingan ini berharap dapat menjadi motivasi dalam mengerjakan skripsi sobat sekalian lalu diwisuda dengan hasil yang memuaskan.

Menentukan Judul Skripsi

mencari judul skripsi judul skripsi yang tepat mudahnya menentukan judul skripsi

Kesulitan yang pertama yang saya hadapi dulu atau mungkin kadang dihadapi para mahasiswa semester akhir yang sedang mengerjakan tugas akhir atau skripsi adalah menentukan judul skripsi untuk di ajukan. Saya sampai mencari-cari contoh judul skripsi teknik informatika, dan lain-lain yang malah membuat saya semakin bingung. Memang bagus mencari-cari judul skripsi yang sesuai dengan jurusan masing-masing, namun kalau terlalu banyak malah membuat kita semakin bingung. Jadi bagaimana cara menentukan judul skripsi?

Sebelum sobat menentukan judul skripsi, lebih baik tentukan dulu apa yang ingin sobat buat. Saya berikan Contoh topik skripsi yang ingin saya buat adalah “Aplikasi sarana informasi”, setelah saya menentukan topik nya, sekarang yang harus saya lakukan adalah menentukan “Aplikasi yang seperti apa” yang akan dibuat, apakah sebuah aplikasi berbasis komputer, android, atau web? Disini saya membuat aplikasi komputer, selanjutnya “dimana sarana informasi itu akan dibuat”. Saya yakin sobat sudah mendapatkan gambaran apa yang harus dilakukan sekarang.

Tadi itu adalah contoh saja, karena saya jurusan teknik informatika dan kebetulan skripsi saya kemarin adalah membuat aplikasi sarana informasi, jadi saya berikan contoh apa yang saya buat. Jika sobat telah menentukan minimal 3 yang sudah saya sebutkan diatas, sekarang buatlah BAB I nya dulu, setelah selesai dibuat, sobat baca ulang apa yang dibuat tadi, pasti sudah dapat bayangan “judul apa yang cocok” dari topik yang sudah sobat buat.

Sekarang saya beri contoh lagi, kita kumpulkan ulang contoh diatas, Topik adalah “Aplikasi sarana Informasi”, “Aplikasi apa?”, “dimana?” dari menentukan tiga ini, dan setelah membuat Bab I hingga selesai, saya bisa menentukan judulnya seperti ini “PERANCANGAN APLIKASI VIRTUAL TOUR UNTUK SARANA INFORMASI PADA KAMPUS XXX”. Sekarang tinggal membaca ulang kembali yang sobat buat, jika diyakin proposal tersebut sudah layak, silahkan di ajukan.

Kesimpulan: untuk menentukan sebuah judul skripsi, tentukan dulu TOPIK APA yang akan dibuat, fokuslah pada apa yang benar-benar dan sangat sobat kuasai, jangan hanya ikut-ikutan teman buat ini sobat buat ini juga karena dipikir nanti bisa dikerjain bareng atau bisa minta bantu, memang bagus jika sering-sering minta pendapat teman atau minta bimbingan juga sama teman yang lebih ahli jika kita sedang buntu, tapi jika sobat hanya ikut-ikutan ambil topik yang sama dengan teman karena berharap bisa dikerjain dia, say good bye ke skripsi tahun ini, karena yang menentukan itu bukan hanya bagus tidak nya apa yang kita kerjakan, tapi hasil akhir saat sidang nanti sobat akan kesulitan menjawab pertanyaan yang diajukan penguji, jadi buatlah sesuatu yang benar-benar sobat pahami dan kuasai ya.

Tips Mengerjakan Skripsi Agar Cepat Selesai

Ada tips nya ya bro? Ada dong!!! Tapi bukan tips cara menyelesaikan skripsi dalam satu bulan lho ya. Setidaknya anda bisa santai di satu bulan terakhir menjelang batas waktu pengumpulan skripsi,hehehe. Lalu apa tips nya? Sabar mas dan mba bro, ambil kopi atau teh dan cemilan dulu saja, karena tulisan kita ini masih cukup panjang.
Tips nya adalah mengetahui apa yang menjadi penjebab skripsi mu jadi lama selesainya.

1. Terlalu santai

skripsi tidak selesai karena terlalu santai

Ini adalah penyakit akut yang di idap beberapa mahasiswa (syukurlah saya tidak termasuk didalam nya :p), mengerjakan skripsi boleh santai, tapi jangan terlalu santai juga, waktu pengumpulan tinggal 1 bulan baru sibuk ke kampus buat bimbingan, alhasil skripsi acak-acakan bahkan sampai tidak selesai (saya harap sobat sekalian tidak seperti ini ya).Santai boleh sih, karena hal itu juga perlu untuk refreshing otak agar tidak terbebani dan setress, tapi kalau bimbingan sampai 1 bulan sekali itu keterlaluan namanya, sering-sering bimbingan itu penting juga, agar dosen pembimbing dapat melihat ketekunan kita, dan mereka pasti tergerak untuk membantu saat sidang skripsi nantinya kalau-kalau ada pertanyaan dari penguji yang sulit kita jawab.

2. Terlalu takut

Ketakutan akan skripsi itu banyak di rasakan mahasiswa semester akhir dan itu hal wajar, namun ketakutan yang berlebihan juga bisa berdampak buruk, jika pikiran sobat sudah dikuasai ketakutan akan skripsi, hal tersebut akan menurunkan semangat sobat untuk mengerjakanya. Cobalah untuk melupakan kata-kata orang yang mengatakan “skripsi itu sulit” “mengerjakan skripsi itu blablabla”, skripsi itu jadi sulit karena pikiran sobat udah menanamkan kata “skripsi sulit” tersebut. Jangan pikirkan sobat tidak akan lulus skripsi, karena hal tersebut adalah urusan belakang/paling akhir, ketakutan juga kadang muncul karena kita memikirkan orang tua yang mungkin di kampung “mereka sudah keluar uang banyak, bagaimana jika saya tidak bisa lulus skripsi”, inilah saya bilang, pemikiran seperti ini SALAH! Justru karena orang tua sudah keluar uang banyak, berusaha saja mengerjakan skripsi dengan segenap hati, agar bisa lulus. Baik-baiklah dengan dosen pembimbing, sering-seringlah bimbingan, karena dosen pembimbing lah yang akan membela kita saat sidang skripsi nantinya, dengan sering bimbingan, ketekunan dan keseriusan kita akan terlihat di mata dosen pembimbing dan hal tersebut menjadi point penting dan bantuan besar kedepanya, jangan lupa juga untuk berdo’a agar diberi kemudahan dalam menjalankan skripsi, skripsi itu benar-benar tidak sulit, yang sulit itu adalah bagaimana cara kita mengerjakanya, jika pengerjaan kita santai-santai saja dan baru gubrak gubrak di bulan-bulan akhir batas pengumpulan tersebutlah yang menjadikan skripsi itu sulit.

3. Faktor Dosen Pembimbing Skripsi

Yang satu ini adalah faktor yang paling menjadi pengaruh skripsi kita menjadi lama penyelesaianya, dulu saya juga merasakanya, dan saya yakin sobat sekalian juga pasti pernah atau sedang merasakanya saat ini. Saya coba-coba browsing dan sangat banyak menemui artikel dengan judul trik menghadapi dosen pembimbing skripsi, cara menghadapi dosen pembimbing skripsi yang killer, dosen pembimbing susah ditemui, cara menghadapi dosen pembimbing yang cuek, cara mendekati dosen pembimbing, cara menghadapi dosen pembimbing yang sibuk dan cara mengambil hati dosen pembimbing skripsi. Saya langsung berpikir, ternyata bukan hanya saya yang mengalaminya, ya benar, bukan anda satu-satunya orang yang menderita karena dosen pembimbing skripsi. Jadi, tidak perlu berkecil hati. Namun, semoga pengalaman saya ini dapat menjadi pencerahan bagi sobat untuk menghadapi dosen pembimbing.

dosen killer itu bagus untuk menyelesaikan skripsi dosen pembimbing killer tapi hasil skripsi memuaskan

  • Dosen killer? Tidak perlu ditakuti! Mengapa? Karena, dengan keganasan dosen tersebut, skripsi pasti akan berbuah baik, walaupun sering diteriaki didalam ruangan yang tertutup rapat, dengan hanya berdua didalamnya, memang hal tersebut adalah pengalaman yang mengerikan untuk diingat kembali, namun dari teriakan-teriakan tersebut pula, kita dapat fokus dengan apa yang menjadi kesalahan dalam penulisan skripsi kita. Asal sobat rajin bimbingan, insya allah skripsi sobat akan cepat selesai, siapaun dosen nya, mau killer atau kalem, kalau sobat nongol terus buat bimbingan, pasti pembimbing berpikir kita adalah orang yang tekun dan akan membantu dengan tekun juga.
  • Dosen pembimbing skripsi sulit ditemui adalah masalah yang paling banyak dialami oleh mahasiswa, namun bukan berarti tidak ada cara untuk lebih mudah menemui dosen tersebut, cobalah sobat kebaian administrasi dan tanyakan jadwal mengajar dosen pembimbing sobat, hari apa, jam berapa sampai jam berapa, walaupun hanya 1 kali seminggu untuk bimbingan itu sudah cukup, jika bisa menjumpai dosen pembimbing 2 kali seminggu itu lebih baik lagi. Kalau sudah tau jadwal mengajar dosen pembimbing, sobat tinggal menunggu duduk manis di ruangan beliau 10 – 15 menit dari waktu berakhirnya beliau mengajar. Jangan lupa juga untuk meminta nomor handphone, sms terlebih dahulu sebelum sobat ingin menemui dosen pembimbing jadi beliau bisa keruangan setelah selesai mengajar, karena ada juga dosen yang selesai mengajar langsung pulang atau keluar untuk keperluan lain.
  • Dosen pembimbing sibuk terus, banyak juga dosen yang walaupun sudah di sms tapi tidak membalas, ntah memang tidak terbaca atau memang ingin menguji kita, kebetulan dosen saya dulu seperti ini. Walau kita sudah tau jadwal beliau dan sudah sms untuk bertemu setelah beliau mengajar, namun saat sudah jumpa, malah disuruh pulang dan berkata “nanti saja ya saya mau langsung keluar, ada urusan” atau kata-kata untuk mengelak lainya, saran saya jika dosen pembimbing sobat seperti ini, jangan patah semangat, mungkin beliau hanya menguji kesabaran dan ketekunan kita, langsung tanyakan apakah besok beliau ada dikampus, tanyakan juga jam berapa beliau ada di kampus, jika sudah membuat janji kan enak, walaupun kadang sering di PHP in juga, sudah datang sesuai jadwal dosen nya tidak ada, tapi tetap jangan sakit hati, memang begitulah dosen pembimbing skripsi, datangi lagi di jadwal mengajar beliau berikut nya saja. Jangan karena di PHP in satu atau dua kali sobat jadi malas bimbingan, seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, gunanya sering-sering bimbingan untuk membuat dosen pembimbing mengingat ketekunan dan keseriusan kita dalam mengerjakan skripsi.
  • Selebihnya ber-doa untuk meluluhkan hati dosen.

4. Apa lagi ya.... isi sendiri deh bagi sobat yang dapat pengalaman lain :p

Demikianlah yang dapat saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat, dan dapat memotivasi sobat sekalian dalam mengerjakan skripsi.

Mungkin sobat banyak menjumpai kata seperti “sering-sering lah bimbingan” dipostingan ini, hal itu memang sengaja saya lakukan, agar sobat sekalian dapat mengingatnya dengan jelas, karena menurut saya pribadi, kata “sering-seringlah bimbingan” ini adalah hal penting bagi mahasiswa yang sedang skripsi.

Semoga dengan artikel ini, sobat sekalian tidak lagi membuat pemikiran bahwa skripsi itu sulit atau skripsi itu menakutkan, dan dapat menghadapi dosen pembimbing dengan sabar. Saya turut mendoakan buat sobat sekalian yang sedang melaksanakan skripsi atau tugas akhir agar diberi kemudahan dan lulus dengan hasil yang cemerlang. Semangat yaaa.

Info4You Info4You Update Pada:
Jika Artikel Ini Bermanfaat, Maka Luangkan Waktumu 30 Detik Saja Untuk Membagikanya

Berlangganan via Email Gratis:

*Setelah submit email, Silahkan periksa email konfirmasi pada pesan utama email. Jika tidak ada, periksa folder spam*

Delivered by FeedBurner

1 komentar untuk saat ini, berikan tanggapanmu juga

  1. skripsi memang menjadi momok yang menakutkan, mohon share gan, saya juga ada postingan mengenai faktor mengapa kebanyakan kita gagal dalam skripsi di sini :
    Kosngosan

    ReplyDelete

*Berkomentarlah jika ada yang ingin ditanyakan
*Bagikan jika memang bermanfaat
*Link aktif tidak akan dipublish
*Kata-kata SARA dan Tidak Senonoh tidak akan dipublish

Contact Form

Name

Email *

Message *

  • Terbaru Dari Tips Blog

  • Tutorial Desain Blog Terbaru

back to top