2 Trik Mudah Menyembunyikan Widget Pada Halaman Tertentu Blog

2 Cara menyembunyikan atau menampilkan widget di halaman tertentu pada blog. Saya membuat artikel ini untuk melengkapi artikel saya sebelumnya yang membahas tentang conditional tags, disana saya hanya membahas tag condison apa saja yang dapat digunakan di blog, dan sekarang kita akan membahas cara pengunaanya untuk menyembunyikan atau menampilkan widget di halaman tertentu misalnya menyembunyikan widget di halaman depan (homepage) pada blog, halaman statis, halaman posting, dan lain-lain.

Ada dua trik yang akan kita gunakan, silahkan sobat tentukan cara mana yang lebih simpel. Walaupun saya bilang dua trik, namun kedua cara ini sama sama melalui edit HTML dan menggunakan tag condition, perbedaanya nanti akan terlihat saat pembahasan.

1. Cara Menyembunyikan Widget Satu Persatu Pada Halaman Tertentu

Disini saya tidak menjelaskan lagi apa itu tag conditional dan kegunaanya, karena saya sudah menjelaskan nya pada artikel lain (link artikel ada akhir postingan ini). Kita akan langsung saja.

#1 Cara Menampilkan Widget Hanya Pada Halaman Statis & Posting

a. Silahkan sobat masuk Template -> Edit HTML pada blogger
b. Pada pilihan Lompat ke widget silahkan pilih widget nya, sebagai contoh, saya ingin menampilkan widget Profile hanya pada halaman posting dan halaman statis. maka carilah widget tersebut, kalau hanya memiliki satu widget untuk profile, biasa namanya adalah Profile1.

Cara mencari ID Widget blog

c. Pada HTML Widget yang dipilih, silahkan klik ... sampai terbuka semua, dan paste kode dibawah ini setelah <b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.url == data:post.url'>

cara meletakkan tag conditional pada widget setelah <b:includable id='main'>


Setelah itu beri penutup </b:if> sebelum </b:includable>


tag penutup conditional tags


d. Simpan template dan periksa blog masing-masing, apakah selain Halaman statis dan halaman posting, widget tersebut tidak tampil.

Jika ingin kebalikanya (Menyembunyikan widget dari Halaman Statis dan Posting saja) Silahkan sobat ganti == menjadi != . Contoh
<b:if cond='data:blog.url != data:post.url'>

#2 Cara Menampilkan Widget Hanya Pada Homepage

Mulai dari sini, saya tidak akan panjang lebar lagi, karena cara penerapanya sama dengan Cara #1 diatas. Berikut adalah tag cond nya.
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
content
</b:if>

2. Cara Mudah Menyembunyikan Banyak Widget Sekaligus Pada Halaman Tertentu

Cara yang satu ini sangatlah sederhana, dan benar-benar simpel serta membantu jika sobat ingin menyembunyikan banyak widget sekaligus pada suatu halaman. Sebagai contoh saya ingin menyembunyikan semua widget pada Halaman Statis saja. Maka kita akan menggunakan tag conditional dibawah ini.
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>

Selanjutnya, yang kita lakukan adalah membuat CSS ID dari semua widget. Jika sobat tidak yakin apa ID widget yang akan sobat pilih, silahkan masuk ke bagian blogger Tata Letak terlebih dahulu, lalu klik edit pada widget yang ingin disembunyikan. Pada Url nya, diujung (Paling Akhir) adalah ID widget tersebut, terlihat pada gambar dibawah ini, widgetId=BlogArchive2 adalah ID Widget dari Arsip di blog saya.


Cara menyembunyikan widget blog dengan CSS sangatlah mudah, ID pada CSS umumnya ditulis menggunakan Hastag (#) diawal nama ID. Contohnya #BlogArchive2. Ini adalah ID dari Widget Arsip saya, lalu property CSS untuk menyembunyikan nya adalah display:none; dengan begitu widget Arsip akan menghilang dari blog (semua halaman). Namun, dengan membatasi nya dengan tag conditional kita dapat menyembunyikan widget tersebut pada halaman yang telah ditentukan oleh conditional tags yang kita buat.

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, sebagai contoh saya akan menyembunyikan sebagian atau semua Widget hanya pada Halaman Statis saja, untuk menghemat tulisan, sobat bisa menggabung beberapa ID untuk 1 property yang sama dengan dipisahkan oleh koma, CSS yang kita buat adalah sebagai berikut.

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'><style>
#BlogArchive2, #HTML1, #HTML2, #Label1display: none; }
</style></b:if>

Diatas itu hanyalah sebagai contoh saya menyembunyikan empat widget hanya pada static page, buatlah kode diatas tepat dibawah </b:skin> atau sebelum </head> , untuk tag <style> sangat penting, jangan sampai lupa, karena itu untuk menegaskan bahwa teks yang dikurung di dalam <style> adalah kode CSS.

Apakah tag conditional hanya itu saja yang dapat digunakan? Tentu saja tidak!
Silahkan Kemari12 Macam Serta Kebergunaan conditional Tags Pada HTML
Silahkan sobat cari tag conditional yang dibutuhkan pada artikel saya diatas, disana sudah saya terangkan apa saja kegunaan dari ke 12 tag conditional tersebut, dan penerapanya, sama dengan yang telah kita bahas diatas.

Sekian artikel saya kali ini, semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk memperindah tampilan blog sobat dengan memfilter tampilan widget. Sampai jumpa.

Info4You Info4You Update Pada:
Jika Artikel Ini Bermanfaat, Maka Luangkan Waktumu 30 Detik Saja Untuk Membagikanya

Berlangganan via Email Gratis:

*Setelah submit email, Silahkan periksa email konfirmasi pada pesan utama email. Jika tidak ada, periksa folder spam*

Delivered by FeedBurner

Jadilah Yang Pertama Berkomentar! dan Dapatkan Gelas Antik Dari Tetanggamu!

Post a Comment

*Berkomentarlah jika ada yang ingin ditanyakan
*Bagikan jika memang bermanfaat
*Link aktif tidak akan dipublish
*Kata-kata SARA dan Tidak Senonoh tidak akan dipublish

Contact Form

Name

Email *

Message *

  • Terbaru Dari Tips Blog

  • Tutorial Desain Blog Terbaru

back to top